Fungsi Silica Gel untuk Transformator - Cara Meregenerasi Silica Gel

Cara Mengganti Silica Gel Pada Trafo

Tahukah Anda apa yang disebut fenomena pernapasan trafo? Karena adanya pengaruh naik turunnya beban transformator maupun suhu udara luar, maka suhu minyak akan berubah-ubah mengikuti keadaan tersebut.

Bila suhu minyak tinggi, minyak akan memuai dan mendesak udara di atas permukaan minyak keluar dari dalam tangki, sebaliknya bila suhu minyak turun, minyak menyusut maka udara luar akan masuk ke dalam tangki.

cara mengganti silica gel

Kedua proses di atas disebut pernapasan trafo. 

Udara ini mengandung kelembaban (molekul air di udara) sehingga dapat mempengaruhi kinerja trafo karena kelembaban dapat merubah kekuatan dielektrik dari minyak.

Jadi, silica gel biru digunakan agar trafo dapat bekerja dengan baik agar dapat menyerap molekul air tersebut.

Silica gel blue jika masih belum jenuh / saturasi maka ia akan berwarna biru, sementara jika sudah menyerap air, warnanya akan bergeser menuju merah muda ketika sudah jenuh / saturasi.

Perubahan warna pada silica gel blue ini memberikan indikasi kepada pengguna kapan silica gel harus diganti atau diregenerasi.

Perubahan Warna dan Indikasi Terkait

Warna gel & kristal biru: menyerap tapi masih banyak kapasitas (menyerap air sekitar 15% dari massa)

Warna gel & kristal oranye: sudah terisi kelembaban (menyerap air hingga 40% dari massa)

Warna gel & kristal merah muda: sudah terisi penuh

Bagaimana Cara Regenerasi Silica Gel pada Trafo?

Kristal Silica Gel dapat diregenerasi dengan memanaskannya ke dalam oven berventilasi pada temperatur 110-150 ◦C  hingga warnanya menjadi biru gelap kembali.

Jika warna sudah berubah, itu mengindikasi silica gel siap dipakai lagi

Bagaimana Cara Mengganti Silica Gel pada Trafo?

Ada kalanya dimana silica gel sudah harus diganti dan tidak bisa diregenerasi kembali. Untuk itu, Anda membutuhkan supplier silica gel curah yang menjual silica gel murah.

Anda bisa menghubungi Ady Water untuk supplier silica gel Anda secara rutin. Hubungi kami di 0821 4000 2080 atau klik icon whatsapp di kiri bawah layar smartphone Anda.

advertise